Monday, August 13, 2012

[Tutorial] Turn Short Pant to Baby Girl Dress


Akhirnya bisa sempet posting juga. Tanpa banyak kata-kata lagi dan mohon maaf anda terkecoh kalau mengharapkan isi nya tutorial dari sang ahli menjahit. Saya hanyalah seorang yang nekad mengobrak abrik pakaian lama yang sudah tak terpakai, maka dari itulah berani ambi resiko jika ada kesalahan dalam potong dan jahit. :)

Sebagai informasi, bahan yang digunakan sebaiknya adalah bahan yang sudah tak terpakai. Hehehe, karena saya ngga menjamin kalau salah potong -jahit karena di sini, saya ngga pakai pola dan ngga pakai ukuran akurat.


1. Pertama, cari di lemari, ada celana batik yang sudah tak terpakai. (bahan bebas yah)


2. Buka jahitan di bagian sisi dalam celana seperti di gambar berikut.


3. Ini dia hasilnya :) belum dibentuk atau di gambar pola, sudah terbayang khan bakal jadi dress tanpa lengan buat si kecil. (dalam fikiran saya sih begitu, ga tau yang baca ini) hehehe.


4. Saya memanfaatkan bagian pinggang celana ini untuk bagian leher. Kebetulan bentuknya kerut karet dengan tali.


5. Tanpa pola, langsung saja menjiplak bentuk dress si kecil di atas bahan yang sudah tersedia tadi. Lalu gunting.


6. Ini dia hasilnya setelah digunting. Sekali  lagi, saya tidak bertanggung jawab atas kesalahan gunting dan kesalahan pengukuran ya..hehhe, karena saya cuma berpatokan pada bayang-bayang dikepala mau dijadikan apa selanjutnya.


7. Sori untuk fotonya yang buruk ya, karena aku ngerjain ini malem malem sehabis pulang kerja-terawih, tanpa camera yang cukup bagus. Oia, pada bagian pinggang yang akan dijadikan leher ini, aku jahit sebanyak 3 jahitan dengan benang karet. supaya hasilnya berkerut. 


8. Tanpa obras, saya melipat pinggiran kain supaya rapi (gantinya obras)


9. Dan saya lupa mengambil gambar untuk langkah selanjutnya dikarenakan ada gangguan teknis, si kecil rewel minta di kelonin.


Saya menambah renda pom pom di bagian dada supaya cantik dan juga bros lilit yang imut ( Ngga kelihatan ya)?



Mohon maaf apabila tutorial nya sulit dimengerti ya. Maklum amatiran :)

1 comment: